Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Jenis
|
Indikator
|
Ranah
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk
laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
|
1.1 Konsep, Prinsip
1.2 Prinsip
|
1.1 Siswa mampu menganalisis laporan
kegoatan OSIS
1.2 Siswa mampu menangapi isi laporan
kegiatan OSIS
|
1.1 Kognitif
1.2 Afektif
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai informasi melalui
wawancara dan presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari
berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan
bahasa yang baik dan benar
|
2.1 Konsep, Prosedur
2.2 Prosedur
|
2.1 Siswa mampu berwawancara tentang manfaat
membaca kepada pengunjung perpustakaan dengan memperhatikan etika
berwawancara
2.2 Menyampaikan laporan wawancara secara lisan
dengan bahasa yang baik dan benar
|
2.1 Kognitif, Afektif, Psikomotorik
2.2 Kognitif,
Afektif
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan
tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2 Menemukan tempat
atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca
cepat 250 kata per menit
|
3.1 Konsep, Prosedur
3.2 Konsep, Prosedur
3.3 Prosedur
|
3.1 Siswa mampu menemukan informasi dari
buku telepon dengan membaca memindai
3.2 Siswa mampu menemukan daerah DIY yang
tertera pada denah
3.3 Siswa mampu menyimpilkan isi teks pidato
kepala sekolah dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
3.1 Kognitif
3.2 Kognitf
3.3 Kognitif
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan,
surat dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis
laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis
surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat
dan bahasa baku
4.3 Menulis
petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
|
4.1
Prosedur
4.2
Konsep, Prosedur
4.3 Prosedur
|
4.1
Siswa mampu menulis laporan
kegiatan lomba membaca puisi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2
Siswa mampu menulis surat
dinas berkenaan dengan kegiatan pramuka dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3
Siswa mampu menulis petunjuk menulis berita dengan urutan yang tepat dan menggunakan
bahasa yang efektif
|
4.1
Kognitif
4.2
Kognitif
4.3 Kognitif
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
|
5.1 Menanggapi
unsur pementasan drama
5.2
Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
5.1 Konsep
5.2 Konsep, Prosedur
|
5.1 siswa mampu menangapi unsur
pementasan drama sangkuriang
5.2 siswa mampu mengevaluasi pemeran
tokoh dalam pementasan drama sangkuriang
|
5.1 Kognitif
5.2 Kognitif, Afektif
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang
ditulis siswa
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi
sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
|
6.1 Prinsip
6.2 Prinsip
|
6.1 Siswa mapu bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis dalam
kelompok
6.2 Siswa mampu bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan
kerangka naskah yang ditulis dalam kelompok
|
6.1 Afektif, Psikomotorik
6.2 Afektif, Psikomotorik
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
7.1 Konsep, Prosedur
7.2 Konsep, Prosedur
|
7.1 Siswa mampu
mengidentifikasi unsur
intrinsik teks drama Laskar Pelangi
7.2 siswa mampu membuat sinopsis novel Sang Pemimpi
|
7.1 Kognitif
7.2 Kognitif
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak
dengan memperhatikan
keaslian
ide
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
8.1 Prosedur
8.2 Konsep, Prosedur
|
8.1 Siswa mampu menulis kreatif naskah drama Tangkuban Perahu satu
babak dengan memperhatikan keaslian ide
8.2 Siswa mampu menulis kreatif naskah drama Tangkuban Perahu satu babak dengan memperhatikan
kaidah penulisan naskah drama
|
8.1 Kognitif
8.2 Kognitif
|
0 Komentar