Kelas VIII, Semester 1  
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Jenis
Indikator
Ranah
Mendengarkan
1.  Memahami wacana lisan berbentuk laporan          

1.1  Menganalisis laporan

1.2  Menanggapi isi laporan   


1.1  Konsep, Prinsip

1.2  Prinsip

1.1  Siswa mampu menganalisis laporan kegoatan OSIS
1.2  Siswa mampu menangapi isi laporan kegiatan OSIS


1.1  Kognitif

1.2  Afektif
Berbicara
2.  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara  dan presentasi laporan 


2.1  Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2  Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar


2.1  Konsep, Prosedur



2.2  Prosedur

2.1  Siswa mampu berwawancara tentang manfaat membaca kepada pengunjung perpustakaan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2   Menyampaikan laporan wawancara secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar

2.1  Kognitif, Afektif, Psikomotorik


2.2   Kognitif, Afektif
Membaca
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat


3.1  Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2  Menemukan  tempat  atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang  tertera pada denah
3.3  Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit  


3.1  Konsep, Prosedur



3.2  Konsep, Prosedur


3.3 Prosedur

3.1  Siswa mampu menemukan informasi dari buku telepon dengan membaca memindai


3.2  Siswa mampu menemukan daerah DIY yang tertera pada denah

3.3  Siswa mampu menyimpilkan isi teks pidato kepala sekolah dengan membaca cepat 250 kata per menit


3.1  Kognitif




3.2  Kognitf



3.3  Kognitif




Menulis
4.       Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan  petunjuk





4.1   Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

4.2   Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku

4.3   Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif





4.1  Prosedur




4.2  Konsep, Prosedur




4.3 Prosedur





4.1  Siswa mampu menulis laporan kegiatan lomba membaca puisi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

4.2  Siswa mampu menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan pramuka dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku

4.3   Siswa mampu menulis petunjuk menulis berita dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif






4.1  Kognitif




4.2  Kognitif




4.3 Kognitif
Mendengarkan
5.      Mengapresiasi   pementasan drama

5.1   Menanggapi unsur pementasan drama

 
5.2  Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan drama


5.1 Konsep



5.2 Konsep, Prosedur

5.1 siswa mampu menangapi unsur pementasan drama sangkuriang

5.2 siswa mampu mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama sangkuriang

5.1 Kognitif



5.2 Kognitif, Afektif
Berbicara
6.  Mengungkapkan pikiran dan  perasaan dengan bermain peran

6.1  Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa

6.2  Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa   


6.1 Prinsip



6.2 Prinsip

6.1 Siswa mapu bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis dalam kelompok

6.2 Siswa mampu bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis dalam kelompok

6.1 Afektif, Psikomotorik


6.2 Afektif, Psikomotorik
Membaca
7.  Memahami  teks drama dan novel remaja

7.1   Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama



7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia


7.1 Konsep, Prosedur



7.2 Konsep, Prosedur

7.1 Siswa mampu mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama Laskar Pelangi


7.2 siswa mampu membuat sinopsis novel Sang Pemimpi


7.1 Kognitif




7.2 Kognitif
Menulis
8.      Mengungkapkan  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama

8.1  Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan
keaslian ide





8.2  Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama


8.1 Prosedur






8.2 Konsep, Prosedur

8.1 Siswa mampu menulis kreatif naskah drama Tangkuban Perahu satu babak dengan memperhatikan keaslian ide


8.2  Siswa mampu menulis kreatif naskah drama Tangkuban Perahu satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama


8.1 Kognitif






8.2 Kognitif